Cerita Tentang ActionScript
Action Script adalah bahasa pemograman untuk Adobe Flash Player. Dengan Action Script inilah konten flash yang kita miliki bisa menjadi lebih inteaktif. Awalnya action script hanyalah digunakan untuk review mengendalikan animasi vektor 2 dimensi yang sederhana, namun hari ini action script memiliki lebih banyak fitur dan fungsionalitas sehingga dapat membuat aplikasi – aplikasi seperti game berbasis web maupun Rich Internet Application. Bahkan, action script sekarang ini juga sangat cocok untuk membuat aplikasi – aplikasi database dan robotika dasar.
Versi terbari dariAction Script sekarang yaitu ActionScript 3.0 yang di release pada tahun 2006 lalu. Versi awal ActionScript sendiri di release pada tahun 1996 bersamaan dengan Flash 4 yang saat itu masih di bawah perusahaan Macromedia Inc. Meskipun sebenarnya pada saat itu belum di beri nama action script, dan cara menggunakannya pun tidak dengan diketik langsung, melainkan memilih script nya dari menu drop down.
Pemberian nama actionscript sendiri secara resmi bertepatan dengan release nya Flash 5 pada tahun 2000. Pada saat itu bahasa pemogramannya diberi nama Action Script 1.0. Namun masih banyak kekurangan baik dalam hal kecepatan dan kekuatan action script itu sendiri.
Barulah setelah itu di release Flash MX 2004 atau yang dikenal dengan Flash 7. Flash 7 dipersenjatai dengan action script 2.0 yang lebih powerfull dan lebih mudah dengan Object Oriented Programming nya. ActionScript 2.0 juga dibuat berdasarkan ECMA Script. ECMA Script yaitu standar bahasa pemograman yang dibuat oleh European Computer Manufacturers Association.
Dengan adanya versi flash player terbaru, yaitu flash player 9. Dirilis pula Action Script 3.0. Action Script 3.0 merupakan bahasa pemograman berorientasi objek yang lebih ringan dan powerful serta diyakini dapat mengeksekusi 10 kali lebih cepat dari ActionScript versi sebelumnya.
ActionScript 3.0 memiliki sintaks yang mirip dengan ActionScript 2.0, namun dengan satu set Application Programming Interface yang berbeda dalam membuat objek. ActionScript 3.0 menawarkan model pemograman yang kuat yang akan familier dengan para pengembang dengan dasar pengetahuan tentang pemograman berorientasi objek.
ActionScript 3.0 menggunakan ActionScript Virtual Machine yang baru, yang disebut dengan AVM2. Dengan menggunakan seperangkat instruksi bytecode yang baru yang dapat meningkatkan kinerja dan kecepatan ketika menjalankan aplikasi yang dibuat.
Salam FLAngers,,,
Afief Yona Ramadhana
Referensi
Gary Rosenzweig. ActionScript 3.0 Game Programming University. 2007
Adobe LiveDocs. Adobe Flex 3, Programming ActionScript 3. 2008
Leave a Reply