Flash Games dengan Flixel

Flixel merupakan library untuk bahasa Actionscript 3 yang di desain khusus untuk pembuatan game. Flixel dibuat oleh Adam Saltsman yang terkenal dengan mini game nya, Canabalt. Flixel banyak digunakan oleh orang – orang yang ingin membuat flash game dengan cepat dan mudah.

Flixel berisi fungsi-fungsi yang memudahkan pengguna untuk mengatur game nya. Fungsi yang menurut saya cukup menarik dalam library actionscript 3 ini yaitu ‘Collide’. Fungsi ini dapat mendeteksi objek yang bertabrakan, dan kita dapat menambahkan ‘function callback’ dari fungsi ini sendiri. Selain itu, kita juga dapat mendeteksi tabrakan dari banyak objek dengan 1 perintah collide saja dengan sebelumnya menggabungkan objek-objek tersebut menggunakan class ‘flxGroup’.

Contoh dari fungsi collide dapat dilihat pada demo di bawah ini.


sumber : http://flixel.org

Selain fungsi collide, flixel juga mempunyai satu fungsi yang cukup menarik yaitu fungsi Tilemaps. Fungsi ini sangat memudahkan pengguna dalam membuat ‘world’ untuk game yang akan di buat. Peta yang akan dibuat beruka array 2 dimensi (karena gamenya 2 dimensi) dimana array itu akan menyimpan nilai sebagai indeks dari peta itu sendiri. Gambar petanya disimpan dalan grafik yang berisi sekumpulan persegi yang disusun dengan teratur. Contoh dari fungsi tilemap ini yaitu :

sumber : http://flixel.org

 Selain fitur-fitur di atas, masih banyak fitur-fitur lainnya juga yang dapat dilihat di http://flixel.org/docs/. Saya juga banyak belajar dari dokumentasi tersebut. 🙂


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.