Pelajaran Dari Global Game Jam 2014

Tiga hari ini gue ikut Global Game Jam. Ngejam bareng developer game lain seluruh Dunia. Gue ikut di Jam Site Bandung, tepatnya di Agate Studio.

Bikin game bareng dengan orang – orang yang baru dikenal tentu pengalaman yg menarik. Baru kenal, udah bikin game bareng. Padahal belum pernah tau seberapa jauh kemampuannya mereka dalam membuat game. Tapi disini bukan soal hasil gamenya nanti, tapi prosesnya. Seru, asik, menyenangkan, banyak pengalaman.

Bikin Game BarengBikin game bareng

Meskipun sehari-harinya gue ngoding buat game. Tap di GameJam beda. Kita atur desainnya, asetnya, dan kodenya sendiri tanpa batasan, tanpa perlu memikirkan berapa banyak orang akan main, berapa banyak orang akan beli, berapa rating gamenya, dan lain lain, karna Global Game Jam bukanlah kompetisi untuk mencari yang terbaik. Kita disini membuat game dengan kreativitas yang tidak dibatasi oleh hal hal tersebut. Meskipun ditentukan tema oleh panitia pusatnya, namun itu bukanlah patokan, itu hanyalah tantangan yang – kalau asik, ya ikuti.

Bikin game selama 48Jam bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu disini tidak diwajibkan untuk gamenya selesai seutuhnya. Meski begitu, kita bisa atur dengan desain game yang mini yg bisa dikerjakan secara cepat. Di #GGJ14 kali ini saya menjadi Programmer sekaligus merangkap mengerjakan Game Design, dan bareng 3 orang teman saya satu tim, membuat Projek Mobil. 🙂

Sesi Pamer Game GGJ14 BandungSesi pamer game masing-masing kelompok

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.